Kenapa sih kita harus belajar copywriting?
Salah satu alasannya adalah untuk meningkatkan penjualan dan membantu convert ke sales.
Yang penting adalah untuk membuat identitas brand, supaya bisnis kamu gampang diingat.
Copywriting adalah menggunakan permainan kata dan teknik penulisan kalimat untuk membuat sebuah konten / judul / deskripsi menjadi menarik, memorable, cathcy, memiliki ciri khas.
Perbedaan beberapa jenis pekerjaan yang memiliki kata writer pada posisinya :
Copywriter — menulis naskah iklan apapun mediumnya (TV, digital, audio, print).
Content Writer — menulis konten sosmed, deskripsi produk, artikel.
Script / Screen Writer — menulis naskah film, pementasan, dialog, peran, cerita.
Namun semuanya memiliki tugas yang sama yaitu membuat susunan kata punya rasa, persona, nyawa.
Copywriting Bisnis itu menulis cerita yang punya kekuatan menjual.
Tugas copywriting pada bisnis :
- Menyesuaikan komunikasi brand dengan gaya konsumen.
- Membentuk identitas brand lewat tone of voice.
- Membangun hubungan dengan konsumen sehingga pesan diterima dengan baik.
Semua narasi sebaiknya dibuat jujur dan humanis.
Di bisnis storytelling harus menjadi STORYSELLING.
Storyselling adalah kalimat yang menggerakan orang buat beli.
Formulanya :
My stories or other stories.
Bagaimana copywriting mempengaruhi bisnis?
- Minat dan kesukaan audience terhadap akun sosmed sudah terbangung dari konten.
- Saat produk diluncurkan, calon pembeli sudah tersedia.
- Akun sosmed / platform apapun bukan hanya jualan tapi dianggap sebagai akun yang menarik untuk di follow dan punya nilai tambah.
Jadi, jual cerita dan jual value untuk dikomunikasikan kepada konsumen.
Semoga bisa berguna untuk teman — teman yang mau belajar copywriting.
Yunast.
Komentar
Posting Komentar